Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Budaya Menurut Kepercayaan Orang China

Inilah Budaya Menurut Kepercayaan Orang China

Budaya Cina memiliki masa lalu yang panjang dan bervariasi, sehingga aman untuk mengatakan bahwa tidak ada satu pernyataan menyapu yang dapat dibuat mengenai bagaimana orang Cina melihat hantu dan roh.

Apalagi di zaman modern, pertanyaan apakah ada atau tidak orang-orang China percaya pada hantu hanyalah sesuatu yang tidak dapat dijawab atas nama seluruh budaya. Ada beberapa tema umum tentang hantu dalam budaya China.

Banyak orang Tionghoa yang cukup tertarik dengan cerita hantu dan kegembiraan dalam menceritakan kembali cerita yang telah turun-temurun.

Cerita hantu yang paling aktif di China, terutama cerita kuno, memperingatkan orang-orang untuk menghormati dan hantu tidak berbaur dengan mereka, karena tidak ada yang dapat mengakui dan berkomunikasi dengan roh.

Ini juga merupakan tema umum dalam budaya China bahwa hantu hanya bisa ada jika Anda benar-benar mengakui keberadaan mereka. Dengan kata lain, jika Anda tidak percaya pada hantu, mereka tidak ada, tetapi jika Anda percaya pada hantu, mereka akan eksis.

Tema lain yang menarik ditemukan dalam cerita hantu dari China adalah bahwa benda mati terdapat angker, dan belum tentu oleh roh-roh orang yang telah meninggal, tetapi obyek itu sendiri.

Sebagai contoh, sebuah kalung yang sangat tua mungkin dengan sendiri menjadi angker karena telah membentuk semangat tersendiri. Tema ini lazim di China cerita tentang hantu.

Mitos dalam cerita hantu di China

Salah satu cerita hantu paling terkenal dari China adalah bahwa dari Kota Terlarang, yang dikatakan angker dengan berbagai hantu. Menurut legenda, sebelum Kaisar bunuh diri di tengah pemberontakan, ia melanjutkan kesenangan pembunuh dalam rumah yang ditinggalkan beberapa anggota keluarga lainnya meninggal.

Dia juga memaksa istrinya untuk melakukan bunuh diri dan dibunuh secara brutal seorang selir yang menolak untuk bunuh diri. Para hantu orang ini dan lainnya dikatakan masih berkeliaran di Kota Terlarang, yang merupakan salah satu yang paling menakutkan untuk mengunjungi tempat-tempat di Cina.

Di zaman modern, ada banyak cerita-cerita tentang tempat-tempat berhantu di China. Sebagai contoh, Tuen Mun Jalan HongKong, yang merupakan jalan raya utama, menjadi tempat hantu. Beberapa orang yang tewas dalam kecelakaan mobil di jalan yang sibuk.

Banyak driver membuat klaim bahwa hantu tiba-tiba muncul di depan bergerak cepat dengan mobil mereka. Hasil ini kemudian di driver meliuk dan kadang-kadang masuk ke tabrakan.

Ada banyak cerita hantu populer lainnya dari masa lalu hingga sekarang di China. Gosip yang sering muncul dari budaya ini adalah cerita seseorang yang menikahi hantu.

Apakah orang tersebut tahu orang lain sebenarnya hantu, tetapi dalam cerita-cerita hantu adalah bahwa orang tersebut tidak bisa tinggal dengan hantu di luar beberapa hari.

Dalam beberapa kasus, orang sekarat dan mungkin bertemu dengan hantu di akhirat, tapi cerita lain memiliki orang pergi ke hidup selama bertahun-tahun setelah pernikahan aneh.

Cerita hantu China yang paling membuat orang untuk menghindari hantu bila memungkinkan. Salah satu contoh adalah kisah terkenal dari pria bepergian yang tinggal di penginapan berhantu meskipun peringatan dari pemilik penginapan.

Pria itu memutuskan untuk melawan roh-roh jahat di dalam penginapan dan akhirnya kehilangan hidupnya sendiri, tetapi jiwanya tidak hilang sampai setelah ia mengambil waktu untuk menulis peringatan kepada orang lain di desa untuk tidak melakukan pertempuran dengan hantu.

Anda akan menemukan berbagai cerita hantu dari China, baik dari zaman kuno serta saat ini. Cerita umum dari cerita tampaknya bahwa orang tidak boleh berkomunikasi dengan hantu, namun memang ada beberapa cerita dari China di mana berkomunikasi dengan hantu bisa mendapat dalam keberuntungan.